26 June 2006

Ubuntu 6.06 sudah terinstall

Pas agak sepi kerjaan tadi saya install ubuntu 6.06 di komputer yang sudah terinstall ubuntu 5.10. dengan awalan mengamankan beberapa file yang penting seperti tema icon eXperience yang sudah banyak saya ubah index.theme-nya.

Installasi Ubuntu 6.06 berbeda dengan installasi ubuntu sebelumnya, untuk 6.06 live cd sudah termasuk cd installasinya. Cara installnya jadi mirip Simply Mepis, bahkan diawal booting sudah mirip dengan Simply Mepis. Setelah semuanya tampil, akan terlihat icon untuk menginstall ke harddisk. Sebelum menginstall saya sempatkan dulu buka-buka folder example.

Berhubung Ubuntu kurang baik mengenal monitor saya, terpaksa deh sedikit usaha untuk memberitahukan xorgnya VertRefresh, HorizSync dan resolusi 1280x1024 untuk 24 bit. Ctr+Alt+BackSpace teneeengg! baru resolusinya pas am selera.

Install ke harddisk dengan beberap pilihan, menentukan mountpoint partisi-partisi di kedua harddisk. Nah, sebelum selesai intall kira-kira di 84% installasi memeriksa repository, ini kemungkinan kalu kita install di komputer yang tidak ada sambungan internetnya kemungkinan akan minta konfirmasi atau installasi melompatinya otomatis saya tidak tahu pasti, yang jelas di komputer saya pas 80% sampe 100% itu terasa lam sekali. Selesai install meminta restart atau terus menikmati live cd. Saya pilih restart

Setelah restart dan tampil gdm, say lngsung login. Treeng!!!, saya kaget kok halmn desktop say tidak berubah, say buka firefox semua history masih ada, say buka evolution eh email masih ada, lho????? ada apa ya? ooo huhuahauhahaha ternyata saya yang lupa, kalau /home masih berada pada posisinya dan tidak diganggu. hehehehe pantesan.

ini nih hasil tembaknya :

3 comments:

  1. Anonymous27/6/06 08:46

    kenapa install ulang? kenapa ngga upgrade aja? :)

    ReplyDelete
  2. Anonymous27/6/06 19:45

    Ubuntu keren !!!

    Tapi koq setelah dipikir2x banyak distro Linux saat ini yang justru ke-windows-windows-an ya tampilan GUI-nya? Ubuntu, Xandros, dll. Bill Gates mungkin sekarang sedang tertawa melihat perkembangan distro Linux. :D

    ReplyDelete
  3. #aldi, emang sengaja, diupgrade toh banyak program yang sudah ditambah dari Internet, takut nanti minta upgrade juga, mending kayk gini, pelan-pekan kalu ad kesempatan dan koneksi lagi bagus disusul satu-satu programnya.

    #fernando, tergantung selera juga sih, lLinux dibuat kewindows-windowsan maksudnya hanya untuk sebuat ungkapan "Linux juga bisa kok seperti windows" dan ada juga yang dibuat seperti MacOS-X ya nggak jauh beda alasannya.

    Bill Gates nggak tertawa. dia lagi pusing dan siap-siap untuk mundur, supaya, pas ntar windows sudah menyerah beliau sudah tidak di puncak pimpinan dan tidak menanggung malu yang berat. Ini asumsi saya aja sih. Lagi pula itu penting untuk menarik pasar yang memang saat ini masih dikuasai windows.

    ReplyDelete